Ekonomi

Genjot Ekspor, Bea Cukai Gandeng Berbagai Instansi Pemerintah

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai bersinergi dengan beberapa instansi pemerintah dalam rangka meningkatkan potensi ekspor di berbagai daerah. Kali ini sinergi dilakukan masing-masing oleh Bea Cukai di Manado, Bojonegoro, Ambon, Pontianak, dan Ternate.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana mengatakan, berbagai kunjungan yang dilakukan Bea Cukai dalam bentuk sosialisasi dan asistensi tersebut terus digencarkan dalam rangka menumbuhkan potensi ekspor komoditas daerah dan mewujudkan pemulihan ekonomi negara.

“Dengan adanya sinergi ini, kita memiliki kekuatan yang lebih besar dalam menggenjot ekspor. Tentunya hal ini dilakukan dalam mewujudkan tujuan bersama yaitu meningkatkan pasar komoditi ekspor dan mewujudkan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya, dalam keterangannya, Selasa (20/4/2021).

Inisiasi dari Bea Cukai Manado, BKIPM Tahuna, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kepulauan Talaud, berhasil mewujudkan launching ekspor perdana Kabupaten Kepulauan Talaud ke Sydney, Australia dengan membawa hasil perikanan berupa Fresh Yellowfin Tuna dengan seberat 204 kg, pada Rabu (14/4/2021).

Ekspor ini, kata Hatta, merupakan hasil dari adanya koordinasi solid antar instansi terkait dan semangat dari masyarakat hingga eksportir yang ingin maju bersama membangun perbatasan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara itu dari daerah Tuban, Bea Cukai Bojonegoro bersinergi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban untuk optimalisasi ekspor produk Industri Kecil Menengah (IKM) Tuban dengan melakukan sosialisasi dan asistensi kepada para pelaku IKM untuk mendorong produk-produk menembus pasar ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button