Nusantara

Generasi Muda Terpapar Teroris Menyebar Luas di Banten

INDOPOSCO.ID – Aksi teror kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, warga dikagetkan karena pelaku berani menyasar Markas Besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Upaya pencegahan perlu dilakukan sejak dini oleh lembaga terkait.

Apalagi, telah diketahhui pelaku teror yang berjenis kelamin perempuan itu masih muda, kelahiran 1995. Hal ini mengindikasikan, kaum milenial telah terpengaruh oleh paham terorisme.

Kejadian ini sangat miris lantaran dalam kurun waktu satu bulan, ada dua kali aksi dengan waktu yang berdekatan. Pertama, bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Minggu (28/3/2021). Kedua, tindakan teror di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021).

Ketua Forum Koordinasi Penanggulangan Teroris (FKPT) Provinsi Banten, Amas Tadjuddin mengatakan, dua aksi itu adalah bukti bahwa kelompok radikal terorisme itu ada dan nyata, bukan rekayasa dan hayalan, serta bukti telah menyasar semua kelompok usia dan jenis kelamin.

Bahkan, Amas menyebutkan paham terlarang itu telah meluas di Banten dengan menyasar generasi muda. Kelompok itu diduga jaringan jihadis nusantara yang berafiliasi kepada kelompok pejuang khilafah.

“Diketahui para pengasong khilafah berafiliasi ke ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) berasal dari organisasi terlarang maupun individual. Sudah tersebar meluas dan sangat memprihatinkan termasuk generasi milenial terpapar intoleran radikal terorisme meluas di Provinsi Banten,” katanya saat dihubungi, Kamis (1/4/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button