Nasional

Genap Berusia 31 Tahun, IKA UT Berkontribusi Bangun Harmoni Kebangsaan

INDOPOSCO.ID – Hari ini, Jumat 26 Maret, Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT) genap berusia 31 tahun. Ketua IKA UT Jenderal TNI (purnawirawan) Moeldoko mengatakan, semakin tua umur organisasi, maka dia akan semakin kuat. Berbeda dengan umur manusia, semakin tua akan semakin renta.

“Organisasi mestinya semakin tua semakin kuat dan menunjukkan kedigdayaan,” ujar Moeldoko pada perayaan HUT IKA UT secara daring, Jumat (26/3/2021).

Ia menjelaskan, pada perayaan HUT IKA UT tahun ini mengusung tema harmoni dalam keberagaman mewujudkan kerukunan nasional berbasis ekonomi berkeadilan. Saat ini, menurutnya, penting untuk memikirkan 100 tahun Indonesia, bukan politik praktis. Dengan mengarahkan negara tegak lurus ke depan tanpa hambatan ideologis.

“Belakangan ini muncul paham-paham radikalisme dimana-mana. Dan ini menghambat Indonesia menuju 2045. Ini harus dipikirkan bersama dalam membangun harmoni dalam keberagaman,” katanya.

Ia menegaskan, saat ini ada kecenderungan ketertarikan ke paham intoleransi. Padahal NKRI telah dilahirkan dengan keberagaman agama, budaya, suku dan bahasa.

“Ini tidak boleh dibiarkan. Ruang intoleransi harus dipersempit bersama-sama, kalau perlu jangan kita kasih ruang. Karena akan menghambat pembangunan bangsa,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button