Nusantara

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang di Barat Laut Wilayah Sumur Banten

INDOPOSCO.ID – Setelah gempa Gempa dengan magnitudo 5,6 guncang Sulawesi Utara. Kasus yang serupa juga terjadi di barat laut wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten,Minggu pukul 10.50 WIB.

Menurut siaran informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa itu pusatnya berada pada kedalaman 10 kilometer di koordinat 6,54 Lintang Selatan dan 105,45 Bujur Timur, sekira 18 kilometer barat laut wilayah Sumur. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG juga mendeteksi gempa dengan magnitudo 5 di barat laut wilayah Sumur pada Minggu pukul 10.48 WIB. Gempa yang pusatnya berada di sekira 17 kilometer barat laut wilayah Sumur pada kedalaman 10 kilometer itu juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sebelumnya, Gempa dengan magnitudo 5,6 pada Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 09.02 WIB terjadi di timur laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Gempa yang episentrumnya berada sekira 119 kilometer timur laut Melonguane pada kedalaman 113 kilometer itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Namun demikian, BMKG melaporkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Adapun, pusat gempa berada di laut dengan kedalaman sekitar 30 kilometer.

BMKG meminta masyarakat di dekat pusat gempa untuk tetap waspada. Sebab, gempa bumi susulan berpeluang terjadi. (gin)

Sponsored Content
Back to top button