Nusantara

Gedung SMKN 1 Gunung Kencana Rawan Longsor

INDOPOSCO.ID – Sujumlah murid dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten, mengaku kuatir ruang kelas mereka yang berada tepat di bawah tebing setinggi 5 meter dengan panjang 70 meter rawan longsor jika tidak segera dipasang tembok penahan tebing (TPT) atau turap.

Pasalnya, tanah di tebing yang tak jauh dari ruang kelas tersebut kini kondisinnya sangat labil dan rawan terjadinya longsor.Apalagi,sebentar lagi akan memasuki musin penghujan.”Kami sangat kuatir atas keselamatan jiwa anak kami saat belajar ketika nanti tiba tiba terjadi longsor yang bisa menimbun ruangan kelas,” ungkap Sahroni, seorang wali murid kepada indoposco Jumat (3/9/2021).

Berdasarkan pengamatan di lokasi, tebing setinggi lebih dari 5 meter dan panjang sekitar 70 meter yang tidak jauh dari ruangan kelas murid kelas XI itu tidak ada penahan tebing sama sekali, sehingga tidak menutup kemungkinan saat turun hujan deras, tanah akan longsor dan menimbun ruangan kelas yang dapat membayakan keselamatan jiwa para murid dan guru.”Ketika turun hujan kami was was saat mengajar,” cetus seorang guru perempuan di sekolah tersbut

Kepala SMKN 1 Gunung Kencana Riswan yang dikonfirmasi, mengaku sudah lama melaporkan kondisi ini kepada Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan (Didikbud) Provinsi Banten wilayah Lebak. Bahkan kepala bidang (Kabid) SMK Arkani pernah meninjau lokasi dan berjanji akan segera mengusulkan alokasi anggaran untuk pemasangan turap.

”Pak Arkani Kabid SMK pernah datang kesini melihat langsung kondisi tebing ini, dan beliau saat itu berjanji akan segera mengalokasikan anggaran.Tapi mungkin karena Covid 19 dan adanya refocusing anggaran,sehingga sampai saat ini pemasangan turap belum terealisasi,” ungkap Riswan.

Riswan berharap, segera dilakukan pemasangan turap sebelum masuknya musim penghujan pada akhir tahun ini, mengigat sekarang ini sudah dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM). ”Kalau bisa pemasangan turap ini jangan sampai ditunda lagi, mengingat saat ini sudah dimulainya PTM dan akan masuknya musim penghujan,” cetusnya.

Sementara kepala Dindkibud Banten Tabrani, mengaku belum mendapat laporan adanya gedung sekolah di Lebak yang rawan longsor, dan berjanji akan segera menerjunkan tim untuk mengecek langsung ke sekolah.” Terima kasih infonya dan saya akan suruh cek ke lapangan,” ujarnya singkat. (yas)

Sponsored Content
Back to top button