Gaya Hidup

Cegah Kanker Kulit, Ini Saran Waktu Olahraga di Luar Ruang

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Bedah Onkologi Diani Kartini mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan pemilihan waktu untuk olahraga di luar ruangan guna mencegah kanker kulit.

“Olahraga bisa di pagi hari sekitar jam 6-7. Di atas jam 10, jam 11, itu harus hati hati. Sebelum itu masih aman,” katanya dalam diskusi daring RSCM Kencana yang disiarkan melalui Instagram, Senin (5/12/2022).

Diani mengatakan penyebab pasti kanker termasuk kanker kulit tidak pasti, namun salah satu faktor risikonya adalah iritasi yang kronis. Seperti benjolan di area muka, sering menggaruk benjolan hingga berdarah dan terkena paparan sinar matahari secara terus menerus.

Kanker kulit itu paling sering di area muka. Untuk menghindari, pada orang-orang yang bekerja di tempat terbuka itu harus menggunakan topi untuk menghindari paparan sinar matahari yang langsung mengenai muka,” ujarnya.

Penggunaan tabir surya dengan SPF tinggi juga sangat disarankan bagi orang yang bekerja di bawah paparan sinar matahari langsung. Menurut Diani, semakin tinggi SPF (Sun Protection Factor) yang digunakan maka akan semakin maksimal perlindungan yang diberikan kepada muka dan tubuh.

“Itu bagus untuk mengurangi risiko terjadinya kanker kulit dan kalau kita menggunakannya kurang, kulit suka terbakar. Jadi saya sarankan SPF yang tinggi,” tutur dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button