Gaya Hidup

Hati-hati Konsumsi Omega 3 dan Kalsium Berlebih

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dr. Putri Sakti, M.Gizi mengingatkan bahwa meskipun memiliki manfaat baik bagi kesehatan, mengonsumsi omega 3 dan kalsium berlebihan ternyata bisa berbahaya.

“Semua nutrisi termasuk kalsium dan omega 3 ini walaupun sehat tapi kalau berlebihan pasti tidak baik, ada efek sampingnya,” kata Putri saat bertemu wartawan di Jakarta, Minggu (23/10/2022).

Ia menjelaskan, omega 3 sangat diperlukan oleh tubuh sebagai anti inflamasi atau anti radang, mengurangi risiko sumbatan pembuluh darah, serta dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Bahan makanan yang mengandung omega 3 tinggi di antaranya ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, dan ikan sarden, kacang kenari, dan kacang kedelai.

Berita Terkait

Adapun kebutuhan omega 3 yang dianjurkan Kementerian Kesehatan berbeda tergantung usia dan jenis kelamin. Umumnya, pria dewasa membutuhkan 1.600 mg per hari, wanita dewasa 1.100 mg per hari, sedangkan anak-anak 500-900 mg per hari.

Jika omega 3 dikonsumsi berlebihan terutama dalam jangka panjang, Putri mengatakan hal tersebut akan meningkatkan risiko pendarahan.

Baca Juga: Ini Resep Herbal Ramuan Penurun Demam, Batuk dan Pilek

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button