Gaya Hidup

Anda Kelebihan Berat Badan? Dokter Sarankan Bersepeda

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr Rumaisah Hasan Sp.KFR(K) menyarankan orang dengan kelebihan berat (obesitas) menurunkan berat badannya dengan bersepeda.

Bersepeda merupakan kegiatan yang tidak membebani lutut. Itu tadi mengapa pada orang obesitas ketika mau melakukan aktivitas olahraga biasanya kami sarankan mulai dengan manajemen obesitas dulu,” kata dia dalam webinar Himpunan Fasyankes Dokter Indonesia (HIFDI) bertajuk “Olahraga: Sehat, Gembira dan Berprestasi”, Minggu (23/10/2022).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, berat badan berlebih salah satunya dapat ditandai dengan hasil pengukuran indeks massa tubuh (IMT) yang berada pada rentang 23-24,9. IMT lebih dari itu yakni 25-29,9 masuk dalam kategori obesitas I dan disebut obesitas II apabila IMT menunjukkan angka lebih dari 30.

Rumaisah yang menjabat sebagai Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (PP Perdosri) itu mengatakan selain risiko membebani lutut, bersepeda juga mencegah kemungkinan cedera pada sendi dan telapak kaki.

Menurut dia, bersepeda bahkan dengan sepeda statis menghasilkan pembakaran kalorinya hampir sama seperti yang dilakukan di luar, terutama pada kelompok dengan berat badan berlebih dan obesitas.

Baca Juga: Cedera Lutut Harus Ditangani Dokter jika Tidak Membaik Usai Istirahat

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button