Gaya Hidup

Ini Sederet Fakta Menarik Film “Inang” yang Diangkat dari Mitos Budaya Jawa

Hingga di tahun 2021, ia mendapat tawaran untuk bermain sebagai tokoh utama di film bergenre horor. Alhasil, ‘Inang’ menjadi film debut pertama Naysilla Mirdad di industri perfilman Indonesia. Pertama kali main dalam film layar lebar, Naysilla Mirdad mengaku sangat tertantang.

“Ini film pertama aku dan langsung di horor. Aku terantang dengan karakter dan ceritanya. Aku sangat tertantang. Senang banget pastinya,” uajr Naysilla.

3.Diputar di Festival Film Internasional BIFAN Korea Selatan
Menampilkan cerita yang mengangkat tradisi mitos Jawa membuat film ‘Inang’ berhasil terpilih dan masuk kategori ‘Bucheon Choice Award’ dalam Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2022.

Hal itu membuat film ini menjadi perwakilan dari Indonesia dalam festival film tingkat internasional melawan film-film dari negara lain. BIFAN merupakan festival film terbesar dan bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun di Bucheon, Korea Selatan.

Film ‘Inang’ mendapatkan pemutaran dua kali, yaitu saat World Premiere pada tanggal 8 Juli 2022 dan tanggal 13 Juli 2022.

4.Angkat Cerita Mitos Peradaban Jawa
Nah ini dia cerita mitos yang diangkat dalam film Inang ini yakni Rabu Wakesan atau Rebo Wakesan. Rabu Wakesan adalah hari rabu terakhir di bulan Sapar pada kalender jawa, hal itu dianggap sebagai hari sial. Dilihat hal ini merupakan keberagaman cerita Indonesia, akhirnya diangkat sebagai film.

Terkait mitos tersebut, cerita dalam film ini juga dibuat berdasarkan pengalaman Fajar Nugros yang tumbuh di lingkungan tradisi jawa dan mengalami berbagai tradisi selamatan. Nggak cuman itu, di film Inang juga menampilkan sisi kelam dari pengorbanan orang tua.

Nah, itulah sederet fakta menarik film ‘Inang’ yang bakal bikin kamu semakin tertarik buat menonton. Makin penasaran kan seperti apa film Inang? Saksikan film Inang di bioskop Indonesia pada 13 Okotober 2022. (mg12)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button