Gaya Hidup

Gunakan Bra Sesuai Ukuran demi Kesehatan Payudara

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis bedah onkologi dari Universitas Indonesia, dr. Farida Briani Sobri, SpB (K)Onk, mengatakan pemakaian bra dengan bahan dan ukuran sesuai akan memberikan manfaat utama sebagai penopang payudara.

“Tidak masalah merek atau warna, tapi pilih yang nyaman, ukuran sesuai karena bra itu tujuannya menopang,” kata dr. Farida kepada Antara, Kamis (13/10).

Terkait Hari Tanpa Bra pada 13 Oktober yang berlangsung di tengah bulan kesadaran kanker payudara, dia mengatakan kebiasaan tidak memakai bra bisa saja dilakukan untuk pemilik payudara berukuran kecil.

Berita Terkait

Sebaliknya, perempuan yang memiliki payudara berukuran sangat besar akan merasa lebih nyaman saat memakai bra. Sebab, mereka bisa merasa nyeri bila buah dadanya tidak ditopang dengan bra.

“Karena akan membebani otot di belakang payudara, namanya otot pektoralis,” ujar dr. Farida, dikutip dari Antara.

Dia meyakinkan pemakaian bra takkan mempengaruhi munculnya masalah kulit atau sirkulasi darah bila bahannya nyaman dan menyerap keringat serta ukuran sudah sesuai.

“Selama bra tidak terlalu ketat, sirkulasi takkan terganggu,” tuturnya.

Penting juga untuk menjaga kebersihan dengan cara rajin mengganti bra agar tidak menimbulkan masalah di kulit.

Mengenai pemakaian bra saat tidur, dr. Farida mengatakan boleh saja tidur tanpa bra bila hal itu dirasa lebih nyaman.

“BH itu kan menopang payudara saat aktivitas dan ada gravitasi agar bisa beraktivitas dengan nyaman,” ucapnya.

Jadi, wajar bila ada perempuan yang memilih untuk tidur tanpa bra demi kenyamanan. Namun, semua kembali lagi kepada tiap individu. Ada juga perempuan yang punya buah dada berukuran besar dan merasa lebih nyaman menggunakan bra agar payudara tidak menggelambir saat berbaring.

“Jadi ada yang nyaman pakai bra saat tidur,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button