Gaya Hidup

Dokter: Pentingnya Sadari selama Masa Menstruasi

INDOPOSCO.ID – Dokter ahli bedah onkologi dr. Walta Gautama, Sp.B(K)Onk menekankan pentingnya Periksa Payudara Sendiri (Sadari) saat kadar hormon estrogen tubuh serendah mungkin, yakni pada hari ketujuh hingga kesepuluh dihitung sejak hari pertama menstruasi.

“Payudara wanita itu sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen. Jadi saat dia menstruasi, itu adalah hari tertinggi puncak hormon estrogennya. Makanya pada waktu menstruasi, wanita merasa kencang payudaranya,” kata Walta dalam sebuah acara kesehatan di Jakarta, Kamis.

“Setelah itu hormon akan turun sampai hari ketujuh setelah dia menstruasi sampai hari kesepuluh. Jadi paling ideal adalah pada saat kadar hormon serendah mungkin, di mana payudara dalam kondisi yang tidak terlalu terpengaruh oleh hormon estrogen,” sambungnya.

Berita Terkait

Dokter yang merupakan Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) itu melanjutkan, hal tersebut juga berlaku pada wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur dan wanita yang siklus menstruasi sudah berakhir atau menopause.

“Sama, (Sadari) dilakukan di saat yang sama setiap bulan,” katanya.

Walta melanjutkan Sadari penting dilakukan sebagai upaya deteksi dini terhadap kanker payudara. Menurutnya, jika kanker payudara terdeteksi sedini mungkin maka hal tersebut akan meningkatkan angka kesembuhan pasien.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button