Gaya Hidup

Saat Puasa Berselang, Ini Tujuh Cara Tahan Hasrat Ingin Ngemil

4. Naikkan jumlah konsumsi protein

Protein adalah cara terbaik untuk menekan hasrat mengemil atau makan berat saat puasa berselang. Protein membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil sehingga mengontrol hormon yang memicu rasa lapar, yang memicu hasrat ingin mengemil atau konsumsi penganan tinggi lemak dan gula.

Protein juga membantu menjaga massa otot saat bobot tubuh berkurang, dan menjaga kadar energi sehingga anda tidak merasa lelah saat melaksanakan puasa berselang.

5. Fokus pada makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat bisa menekan keinginan untuk konsumsi penganan atau minuman manis, karena serat menjaga stabilitas kadar gula darah. Serat juga baik untuk membantu menjaga bakteri baik dalam usus sehingga membuat sistem pencernaan berjalan lancar.

6. Pastikan Anda cukup tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar sehingga membuat tubuh semakin sulit dalam proses pembakaran lemak dalam periode berpuasa. Tidur juga sangat penting dalam menjaga ritme sirkadian, yang meregulasi hormon yang mempengaruhi rasa lapar dan metabolisme.

7. Makan perlahan dan secukupnya

Puasa berselang membutuhkan kontrol diri terutama terkait dengan makan. Makanlah dengan baik dan tidak terburu-buru sehingga anda makan dengan cukup dan tidak berlebihan atau konsumsi minuman manis dan penganan tinggi garam seperti dilansir Antara.

Makan secukupnya dan dengan sadar, sehingga anda bisa menyadari ketika otak sudah memberi sinyal bahwa anda sudah cukup makan. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button