Gaya Hidup

Nggak Perlu Jauh-Jauh ke Bali, Cukup di Kampung Sabin Cirebon

INDOPOSCO.ID – Bagi warga Jakarta dan Jawa Barat mungkin tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali untuk merasakan indahnya Pulau Dewata. Salah satunya, bisa dirasakan saat berlibur di Kampung Sabin Cirebon, tepatnya di kawasan Kota Baru Keandra, Jl. Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Saat menapaki langkah pertama di Kampung Sabin, panasnya sinar matahari serasa menusuk di siang hari. Namun jika melihat sekeliling banyaknya pemandangan hijau seperti hamparan sawah yang sejuk, membuat semakin yakin untuk menikmati liburan di tempat wisata tersebut.

Mata akan disambut dengan uniknya bangunan beratap segitiga yang dihiasi bambu dan jerami. Adapun sentuhan modern bangunan tersebut dilapisi kaca sehingga sinar matahari bisa masuk dengan mudah.

Bangunan ini seolah menyambut kedatangan tamu dengan menyuguhkan berbagai olahan durian mulai dari pie hingga kopi. Harganya dibanderol mulai dari Rp28 ribu untuk sekotak pie durian.

Tak hanya itu, semakin dalam memasukinya terdapat jalan yang dilapisi bebatuan menghubungkan dengan bangunan kaca yang ada di belakangnya. Para pegawai yang berjaga menyambut ramah kedatangan tamu dengan mengarahkan ke tempat bernuansa Bali yang berada di sebelah kanan gedung itu.

Sebuah bangunan yang berbentuk Pura semakin menambah daya tarik kawasan tersebut. Belum lagi tempatnya berada di tengah sawah membawa angin sejuk di tengah teriknya pertengahan hari.

Tak hanya Pura, tempat wisata ini semakin menambah kesan Bali dengan hiasan kain bermotif kotak hitam putih atau biasa disebut kain poleng dan payung tedung berwarna kuning yang dipasang di sisi samping jalan tapak.

Baca Juga: Kabupaten Cirebon Tetapkan 20 Desa Wisata Baru

Para pengunjung pun bisa memilih tempat duduk berbahan bambu di berbagai lokasi sembari menikmati sejuknya hamparan sawah dan cantiknya pemandangan Gunung Ciremai.

Adapula yang sembari menikmati pemandangan, juga bercengkrama dengan pengunjung lain di halaman luas yang biasa dipakai untuk acara besar seperti panggung musik maupun acara pernikahan. Fasilitas yang disuguhkan Kampung Sabin tersedia lengkap mulai dari toilet, mushalla, hingga tempat bermain anak yang ramah untuk keluarga.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di beberapa tempat. Keindahan langit jingga di sore hari semakin menambah kesan hangat di Kampung Sabin kala itu.

Liburan serasa di Bali ini semakin lengkap dengan menu di Kampung Sabin yang tak kalah menggoda. Menunya antara lain, nasi campur Bali hingga makanan laut dengan harga terjangkau yang patut dicoba pengunjung.

Sementara itu, Manajer Operasional Kampung Sabin, Tomi Prasojo mengatakan pihaknya sangat detail dalam mendesain arsitektur dengan langsung berkomunikasi dengan orang Bali.

“Gapura didesain orang Bali karena punya filosofi sehingga kami tidak berani asal-asalan. Jadi, kami konsultasi dan komunikasi dengan orang Bali,” kata Tomi.

Tak hanya itu, Tomi menjelaskan alasan Kampung Sabin memilih nuansa alam dengan ornamen bambu lantaran lebih terasa natural, alami dan menyatu dengan alam sesuai dengan suasana di desa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button