Gaya Hidup

Untuk Kesehatan, Ini yang Harus Dilakukan setelah Puasa Ramadan Selesai

Selain itu, ada pula diet 5:2 yaitu 5 hari tidak berpuasa dan 2 hari berpuasa. Muslim umumnya mengaplikasikan pola ini melalui puasa sunah Senin Kamis.

“Tapi dalam ketentuan ketika berbuka pada hari Senin dan Kamisnya itu intake kita hanya 500-1000 kalori, 5 hari lainnya feast day. Kenapa hanya 500-1000 kalori? Karena itu jumlah kalori minimal yang kita butuhkan sehingga pekerjaan dasar tetap bisa kerjakan,” ujar Tirta.

Executive Director of Community Health, Abu Dhabi Public Health Centre, Dr. Omniyat Al Hajeri termasuk yang menyarankan Anda puasa lebih sering usai Ramadhan dan puasa Senin Kamis atau diet 5:2 bisa menjadi salah satu pilihannya. Satu studi seperti dikutip dari Healthline, menunjukkan diet 5:2 bisa menurunkan berat badan yang mirip dengan pembatasan kalori biasa. Selain itu, diet ini sangat efektif untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Di sisi lain, pakar nutrisi Rowaidah Idriss, seperti dikutip dari Arab News, memberikan tipsnya agar Anda tetap sehat usai Ramadhan salah satunya saran agar tidak pergi ke restoran atau pertemuan ketika Anda lapar dan makan sesuatu yang ringan sebelum bepergian.

“Isi perut Anda terlebih dahulu dengan makanan rendah kalori dan rendah lemak. Mulailah dengan sayuran seperti salad hijau atau sup,” kata dia.

Tips berikutnya, sebaiknya minum air secara teratur karena mengeluarkan racun dari tubuh. Anda disarankan minum air putih 15 menit sebelum makan. Kemudian, penuhi kebutuhan tubuh akan gula dengan buah-buahan di siang hari.

Batasi asupan karbohidrat Anda. Selalu hitung dan kendalikan karbohidrat yang bisa ditemukan dalam sereal dan biji-bijian lainnya, buah-buahan, sayuran, produk susu, permen dan gula. Terakhir, bakar kalori Anda dengan berolahraga. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button