Gaya Hidup

Kaji Sejarah Sosial, Museum Macan Hadirkan Pameran “POSE”

INDOPOSCO.ID – Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Macan) berkolaborasi dengan Museum Seni Rupa dan Keramik (MSRK) menghadirkan pameran seni rupa bertajuk “POSE” yang dibuka untuk publik sejak 30 April hingga 18 September 2022.

Menurut penyelenggara, kedua institusi telah melakukan pembacaan atas koleksi masing-masing, untuk mengkaji sejarah sosial yang bertautan dengan para perupa modern terkemuka. Penyelenggara mengatakan POSE ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman yang penting untuk masyarakat di Jakarta.

“Kepiawaian mengungkap kisah dari para perupa dan masa kehidupan mereka, adalah satu satu fungsi penting sebuah museum seni. Melalui kolaborasi institusional, kami dapat memperkuat studi semacam ini dan membagikan hasilnya secara luas kepada publik,” Direktur Museum Macan Aaron Seeto seperti dikutip Antara, Senin (2/5/2022).

Baca Juga: Berikut Alternatif Tujuan Wisata Libur Lebaran di Jakarta

“POSE” menampilkan pengamatan kritis atas pergelaran kelas sosial, tuntutan akan kenyamanan hidup dari golongan elite akibat pergeseran kuasa negara, keterhubungan pasar, dan budaya konsumerisme.

Judul pameran diambil dari judul lukisan karya S. Sudjojono pada tahun 1975. Pameran “POSE” menyoroti karya Sudjojono termasuk sepasang karyanya, “Pose” (1975) yang bersanding dengan “High Level” (1970) dari koleksi MSRK.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button