Gaya Hidup

Putri Kuswisnu Wardani Dukung Jamu Jadi Warisan Budaya UNESCO

Juga adanya kesetaraan gender yang di mana memberikan ruang lebih besar bagi pemberdayaan perempuan yang mayoritas jamu gendong di Indonesia merupakan kaum perempuan.

Jamu juga banyak memberikan manfaat kesehatan untuk dunia, bahkan rumah produksi film terkenal Amerika mengangkat mengenai khasiat jamu dalam film yang berjudul “Eat, Pray, Love” yang dibintangi Julia Robert saat dalam adegan dia sembuh melalui ramuan jamu.

Jamu itu lebih dari sekedar obat tradisional, tetapi ada doa di setiap racikannya. Jamu merupakan bentuk sumbangsih bangsa Indonesia pada dunia khususnya dalam bidang kesehatan. Maka sudah selayaknya kita patut bangga dan selalu melestarikan jamu sebagai warisan budaya sejak 1200 tahun yang lalu masih ada hingga kini, demikian Putri.

Berita Terkait

Tanaman obat sendiri sudah digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pengobatan tradisional utamanya dalam rangka menjaga kesehatan. Salah satu pengobatan tradisional yang sudah diwariskan turun temurun dan masih dilakukan hingga kini adalah budaya minum jamu.

Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu jampi atau usodo. Jampi atau usodo memiliki arti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. Jamu merupakan warisan leluhur yang sangat berharga. Minuman ini telah memegang peranan penting dalam pemeliharaan kesehatan dan kebugaran masyarakat Nusantara sejak ratusan tahun silam. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button