Gaya Hidup

Ramadan Sehat Bersama Philips Domestic Appliances

INDOPOSCO.ID – Ramadan selalu menjadi momen spesial bagi umat Muslim di Indonesia. Mereka yang menjalankan ibadah puasa umumnya lebih fokus beribadah dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih.

Meski penerapan pembatasan terkait pandemi sudah melunak, menjaga untuk tetap sehat dan aman selama bulan puasa tetap menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Menerapkan kebiasaan makan dan tidur yang sehat selama Ramadan adalah hal yang penting. Makanan saat sahur harus lengkap dan bergizi, yang praktis dan mudah disiapkan, daripada memanaskan makanan atau memesan makanan siap santap. Prinsip yang sama berlaku untuk makanan berbuka, ketika orang cenderung mengonsumsi makanan ringan dan minuman yang mengandung banyak gula.

Berikut empat cara agar tetap sehat saat berpuasa (dirangkum dari berbagai sumber):

1. Tetap terhidrasi – minum 8-10 gelas air, batasi asupan kafein (kopi, teh, soda);

2. Makan secukupnya – makanan lengkap dan seimbang untuk sahur, buka puasa dan makan malam:
• Sahur: makan buah segar yang mengandung air, pastikan makanan tinggi protein dan serat, rendah lemak, dan tidak terlalu manis atau asin;
• Buka puasa: berbuka dengan air putih, minum jus atau makan kurma sebagai sumber gula alami, lalu menyantap makanan berat saat makan malam;

3. Tidur yang cukup – tidur lebih awal dari biasanya; coba lakukan power nap atau tidur siang selama 20 menit untuk mengembalikan energi; buatlah suasana tidur yang nyaman; terapkan pola makan yang sehat;

4. Lakukan olahraga ringan di malam hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button