Gaya Hidup

Ed Sheeran Menang Atas Gugatan Hak Cipta “Shape Of You”

Sheeran mengatakan bahwa dia tidak ingin mengambil apapun dari rasa sakit hati dan luka yang diderita oleh kedua pihak dalam kasus ini. Baginya, pengalaman berhubungan dengan kasus hukum bukan hal yang menyenangkan.

“Saya seorang manusia, saya seorang ayah, saya seorang suami, saya seorang anak. Tuntutan hukum bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Dan saya berharap putusan ini artinya di masa depan klaim tak berdasar seperti ini bisa dihindari. Ini benar-benar harus berakhir,” ujar Sheeran.

Sheeran dikreditkan sebagai penulis “Shape of You” bersama vokalis Snow Patrol, Johnny McDaid dan produser Steven McCutcheon (secara profesional dikenal sebagai Steve Mac).

Berita Terkait

“Saya Johnny dan Steve sangat berterima kasih atas semua dukungan yang dikirimkan kepada kami oleh sesama penulis lagu selama beberapa minggu terakhir. Semoga kita semua bisa kembali menulis lagu daripada harus membuktikan bahwa kalian bisa menulisnya,” ucap Sheeran seperti dikutip Antara, Kamis (7/4/2022).

Putusan tersebut merupakan puncak dari empat tahun pertempuran hukum antara Sheeran dan penulis lagu Chokri dan Ross O’Donoghue.

Chokri lebih dikenal dengan nama samarannya Sami Switch. O’Donoghue adalah seorang produser. Mereka mengklaim bahwa “Shape of You” memiliki kemiripan dengan single Chokri “Oh Why”.

Pada tahun 2018, Sheeran, McDaid dan McCutcheon — bersama Sony/ATV Music Publishing, Rokstone Music Limited, Polar Patrol Music, dan Kobalt Music — mengeluarkan proses hukum terhadap Chokri dan O’Donoghue dalam upaya untuk mendapatkan pernyataan hukum yang mengatakan tidak ada pelanggaran hak cipta.

Dua bulan kemudian, Chokri dan O’Donoghue mengeluarkan tuntutan balik yang menuduh pelanggaran hak cipta dan meminta ganti rugi dan royalti.

“Shape of You” menjadi hit besar setelah dirilis dan pada tahun 2021 menjadi trek Spotify pertama yang mencapai tiga miliar streaming.

Ini bukan pertama kalinya Sheeran digugat atas pelanggaran hak cipta. Pada tahun 2016 ia digugat atas lagu “Photograph” dan dua tahun kemudian digugat sebesar 100 juta dolar atas “Thinking Out Loud”.

Gugatan atas “Photograph” diselesaikan di luar pengadilan tetapi pertempuran atas “Thinking Out Loud” diyakini masih berlangsung.(mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button