Gaya Hidup

Ini Penyebab Bibir Sumbing dan Pencegahannya

INDOPOSCO.ID – Bibir sumbing merupakan kelainan bawaan janin yang ditandai dengan adanya celah pada bibir dan atau langit- langit mulut. Celah tersebut bisa muncul di tengah, kanan, atau bagian kiri bibir.

Celah pada bibir dan langit-langit mulut terjadi karena tidak sempurnanya penyatuan jaringan di bibir atau di langit- langit mulut janin, sehingga terbentuk celah.

“Biasanya, proses proses pembentukan organ pada janin, termasuk penyatuan tersebut terjadi pada trimester pertama kehamilan,” kata Dr. drg. Andi Budihardja, Sp.BM (K) dalam temu wicara pada Kamis.

Drg. Andi yang merupakan seorang dokter spesialis bedah mulut menjelaskan belum diketahui secara pasti penyebab celah bibir dan celah langit- langit mulut. Namun kondisi tersebut dipercaya terjadi akibat kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Baca Juga : Dokter: Batuk dan Gatal Tenggorokan Gejala Umum Infeksi Omicron

Beberapa faktor penyebab bibir sumbing di antaranya adalah kebiasaan konsumsi alkohol selama hamil, paparan radiasi, serta termasuk kurangnya asupan nutrisi ibu hamil termasuk asam folat.

“Terkadang ada ibu pasien ingat minum vitamin asam folat saat sudah tahu hamil, kadang itu kandungan sudah dua bulan. Padahal sebaiknya asam folat sudah dikonsumsi saat mempersiapkan kehamilan,”kata drg. Andi, Aseperti dikutip Antara, Kamis (10/3/2022).

Oleh sebab itu, sebagai pencegahan, ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter guna mengetahui perkembangan janin dan kondisi ibu hamil.

Bibir sumbing biasanya akan terdeteksi oleh dokter saat bayi baru lahir. Jika terdiagnosis maka harus segera mengikuti saran dokter dan mengikuti terapi yang disarankan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button