Gaya Hidup

Festival Film Cannes Larang Kehadiran Delegasi Resmi Rusia

INDOPOSCO.IDFestival Film Cannes pada Selasa (1/2/2022) durasi setempat mengatakan pihaknya tidak akan menyambut kehadiran delegasi resmi pemerintah Rusia untuk acara edisi ke-75 itu pada Mei mendatang sebagai upaya untuk menyalurkan solidaritas kepada masyarakat Ukraina.

“Kecuali perang dapat berakhir dengan kondisi yang akan memuaskan rakyat Ukraina, telah diputuskan bahwa kami tidak akan menyambut delegasi resmi Rusia atau menerima kehadiran siapa pun yang terkait dengan pemerintah Rusia,” kata penyelenggara seperti dikutip Antara dari Variety, Rabu (2/3/2022).

Pihak penyelenggara mengatakan acara festival itu menentang situasi perang serta mengecam sikap Rusia dan para pemimpinnya. Di sisi lain, pihaknya juga memuji keberanian semua orang di Rusia yang mengambil risiko untuk memprotes agresi dan invasi Ukraina.

Baca Juga: Ukraina Minta Dukungan Indonesia

Sementara delegasi dari pemerintah Rusia dilarang hadir, pernyataan Festival Cannes menyiratkan bahwa pembuat film individu masih dapat diterima di festival tersebut. Meski demikian, masih belum jelas apakah film mereka akan dipilih untuk masuk ke kompetisi atau masuk di tempat lain dalam festival tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, festival Prancis telah menyoroti generasi baru pembuat film Rusia seperti Kirill Serebrennikov. Dua film terakhir Serebrennikov, “Petrovs Flu” dan “Leto”, telah berkompetisi di festival tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button