Gaya Hidup

Kalbe Beri Dukungan Mental dan Emosional Bagi Pejuang Kanker

INDOPOSCO.ID – PT.Kalbe Farma Tbk terus menunjukkan dukungan dan komitmennya dalam mengedukasi masyarakat terkait kanker di Indonesia. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan dalam rangka edukasi ini adalah melalui acara peringatan World Cancer Day.

Pada tahun ini, tema yang diangkat World Cancer Day 2022 adalah “Beyond physical: mental and emotional impact”, yang menekankan pentingnya dukungan secara emosional dan mental kepada para pejuang kanker.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, menyatakan umumnya penderita kanker mengalami berbagai masalah emosional dan mental setelah mendapatkan vonis menderita kanker.

“Orang yang terdiagnosa kanker sangat umum mengalami masalah emosional dan mental seperti depresi, gangguan stres pascatrauma, gangguan kecemasan umum, serta gangguan emosional yang parah. Oleh karena itu, tema World Cancer Day 2022 ini sangat relevan dengan komitmen kami untuk mendukung perjuangan para penderita kanker,” ujar Prof. Aru. Ia juga menyatakan peran caregiver sangat penting dalam memberikan dukungan mental dan emosional kepada para pejuang kanker.

Menurutnya, caregiver memiliki peran besar dalam membantu pasien kanker membangun kepercayaan diri agar bisa menjalalani perawatan secara maksimal dan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dukungan emosional yang kuat dan hubungan cinta dengan pasangan, teman, serta keluarga dapat memberikan dampak positif dalam hidup para pejuang kanker. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya deteksi dini sebagai upaya untuk menurunkan serta mengendalikan faktor risiko kanker.

Shahnaz Haque, survivor dan pemerhati kanker, menyatakan dukungan keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk mendukung keadaan mental dan emosional pejuang kanker.

“Saat saya divonis mengidap kanker, dunia serasa berhenti dan saya tidak semangat untuk melakukan apapun. Disinilah pentingnya kehadiran orang-orang terdekat yaitu untuk menumbuhkan semangat untuk terus sehat. Membangun kekuatan mental dan emosional tidaklah mudah dan tidak bisa dilakukan sendiri,” ujar Shahnaz.

Meskipun terasa berat namun nyatanya kanker bisa dikendalikan terutama bila pasien atau orang yang memiliki risiko kanker melakukan deteksi secara dini. Pentingnya kesehatan mental pejuang kanker melalui deteksi dini dan nutrisi menjadi salah satu fokus dalam kegiatan World Cancer Day 2022 yang digelar oleh PT.Kalbe Farma Tbk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button