Gaya Hidup

Hati-Hati Nyeri Dada Kiri Salah Satu Gejala Serangan Jantung

Dia menambahkan, ketika menunggu bantuan datang maka harus tetap tenang dan jangan panik. Selain itu juga disarankan tidak makan atau minum karena terdapat risiko tersedak yang bisa membahayakan.

“Biasanya kalo individu tersebut merupakan pasien jantung yang rutin kontrol, maka kami akan memberikan obat yang bisa mengurangi gejala nyeri dada, namun bagi yang bukan pasien jantung maka yang terpenting adalah menerapkan langkah-langkah di atas tadi dan jangan menunda menghubungi fasilitas kesehatan,” katanya.

Dia mengingatkan, jika dilakukan penundaan dan pembiaran sehingga tidak bisa cepat tertangani maka dikhawatirkan terjadi kerusakan otot jantung yang lebih parah dan risikonya bisa berlanjut ke henti jantung.

Sementara itu dia juga menjelaskan, serangan jantung adalah kondisi ketika terhentinya aliran darah yang mengandung oksigen pada pembuluh darah koroner jantung akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner.

Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan otot jantung karena otot jantung tidak mendapatkan aliran oksigen yang mencukupi.

Sementara henti jantung adalah kondisi di mana jantung berhenti berdetak dan memompa darah ke seluruh tubuh.

“Hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi penyakit jantung seperti gangguan irama listrik jantung atau aritmia, penyakit jantung koroner, gagal jantung dan lain sebagainya,” katanya. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button