Gaya Hidup

Artis Jepang Sayuri Oyamada Bisnis Onigiri “Fusion”

INDOPOSCO.ID – Aktris Jepang Sayuri Oyamada yang berbasis di New York selama satu dekade terakhir memanfaatkan sepinya pekerjaan akibat pandemi virus corona untuk berbisnis “onigiri” alias nasi kepal dengan kombinasi bahan tradisional dan Amerika.

Dilansir Kyodo, Kamis (27/1), Oyamada Onigiri memproduksi sembilan rasa nasi kepal, termasuk pilihan vegan dengan isian basil merah, kale dan alpukat.

Produk yang dijual sekitar 4 dolar (Rp57.000) per buah ini hadir di sejumlah toko Jepang di Manhattan dan Brooklyn, juga acara-acara bazar temporer.

“Ketika pembatasan wilayah diberlakukan di kota pada Maret 2020, saya di rumah saja dan tidak punya pekerjaan akting,” kata Oyamada kepada Kyodo News baru-baru ini. “Itu adalah masa suram, hanya melewati hari-hari tanpa ada sesuatu yang dinantikan di masa depan.”

Peluncuran film teranyar, film horor “Bashira” arahan seniman animasi pemenang Academy Award Nickson Fong, juga ditunda karena pandemi melanda Amerika Serikat, membuat bioskop tutup dan acara-acara dibatalkan.

Baca Juga : Festival Mahakam akan Dijadikan Festival Nusantara

Peluang untuk mencicipi onigiri buatan tangan sang aktris dengan resep baru ciptaannya muncul di musim panas, ketika pembatasan berangsur-angsur melonggar. Jaringan toko Jepang lokal berpikir sebuah ide bagus bila seorang aktor membuat onigiri, lalu mengajak Oyamada melakukannya sebagai proyek jangka pendek dan sang aktris dengan senang hati mengiyakan.

“Saya tak punya pengalaman di industri makanan, tapi saya memutuskan mencobanya,” kata Oyamada yang sebelumnya juga bergabung dalam proyek kreatif seperti menampilkan gambarnya dalam lini busana t-shirt.

“Dalam membuat resep nasi kepal, saya memikirkan yang terbaik adalah memadukan bahan tradisional Jepang yang sudah populer di kalangan orang Amerika,” katanya. “Saya membuat nori no tsukudani (rumput laut yang sudah diberi bumbu) dengan krim keju, basil merah dan alpukat.”

Kreasi Oyamada kian disukai ketika kolaborasi akan berakhir, banyak juga yang meminta rasa baru. “Kolaborasi ini tumbuh jadi sesuatu yang lebih besar dari sekadar memanfaatkan waktu luang,” ujarnya seperti dikutip Antara, Kamis (27/1/2022).

Menunda kembali aktingnya meski industri film sudah menggeliat, Oyamada mendirikan perusahaan pada pada musim gugur 2020 dan mendirikan dapur komersial dengan pekerja paruh waktu, mencoba mempelajari serba-serbi bisnis.

Sebagai bisnis skala kecil, dia membuat semua produknya dengan tangan dan mengirimkannya langsung ke pasar lokal. Varian rasa yang ditawarkan meliputi sesuatu yang inovatif seperti kari vegan dan hot dog vegan serta rasa tradisional seperti tuna mayo, plum asam, dan salmon dengan yuzu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button