Gaya Hidup

Tidak Selalu Covid-19, Ini 5 Penyakit yang Ditimbulkan dari Batuk

Batuk yang persisten bisa jadi merupakan bentuk konsekuensi yang menetap dari suatu infeksi. Beberapa infeksi seperti flu dan pneumonia, misalnya, dapat memicu gejala batuk dan lelah yang berlangsung lama meski infeksinya sudah sembuh.

3. Postnasal Drip

Produksi lendir berlebih di hidung bisa membuat lendir jatuh ke dalam tenggorokan. Kondisi ini akan memicu terjadinya iritasi dan batuk yang persisten. Produksi lendir berlebih pada hidung ini dikenal sebagai postnasal drip.

4. PPOK

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan sebuah masalah kesehatan yang menyebabkan kerusakan pada saluran napas. Batuk persisten merupakan salah satu gejala dari PPOK. Batuk yang terjadi bisa berupa batuk kering atau batuk berdahak.

5. Masalah Pencernaan

Banyak yang mengira masalah pencernaan dan batuk seperti dua masalah kesehatan yang tidak berkaitan. Akan tetapi, masalah pencernaan sebenarnya bisa menyebabkan batuk yang terjadi secara terus-menerus.

Pada refluks asam atau GERD misalnya, cairan asam dari lambung bisa naik ke kerongkongan. Hal tersebut bisa mengiritasi kerongkongan yang kemudian memicu batuk persisten. (son)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button