Gaya Hidup

Pasutri yang Ingin Punya Anak Harus Pahami Problem Infertilitas

INDOPOSCO.ID -Pasangan suami istri (pasutri) yang memimpikan kehadiran buah hati harus menguasai masalah infertilitas. “Bahwa 25-40 persen faktor infertilitas dipengaruhi oleh suami,” tutur Dokter Ahli Kebidanan dan Isi Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga dr Agus Mei Arso SpOG saat menjadi narasumber dalam seminar biasa dengan tema “Ikhtiar Mendapatkan Buah Hati” yang diselenggarakan RSIA Ummu Hani Purbalingga di Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (22/1/2022).

Oleh karena itu, tutur ia, suami pun harus melakukan pemeriksaan awal, yakni mani analisis. Pembicara lainnya, dr Ardian Rahmansyah SpOG. Mengatakan, ada dua tipe infertilitas yaitu infertilitas primer dan infertilitas sekunder.

“Infertilitas primer artinya tidak mendapatkan kehamilan dalam 12 bulan hubungan seksual teratur tanpa kontrasepsi,” tuturnya.

Sementara infertilitas sekunder, tutur ia, merupakan kondisi tidak mendapatkan kehamilan atau mempertahankan kehamilan setelah memiliki anak lahir hidup.

Baca Juga : Ini Alasan Pasangan Pilih ‘Childfree’

Direktur RSIA Ummu Hani Purbalingga dr. H. Mohamad Ihsan Akbar, MPH mengatakan setiap pasangan suami istri dapat dipastikan menginginkan adanya sang buah hati namun tidak semua pasangan dapat dengan mudah langsung mendapatkan buah hati.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button