Gaya Hidup

Tips Mengatur Pola Makan Sehat saat Libur Tahun Baru

Sedangkan buah bisa dikonsumsi dalam potongan segar, rujak buah, smoothies atau jus buah. “Selain memiliki energi yang rendah, buah dan sayur kaya serat dan antioksidan,” ujar Qonita.

Baca Juga : Efek Pandemi Covid-19 Tingkatkan Kasus Myopia, Ini Penjelasannya

“Baik untuk mencegah obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Tidak hanya sebagai alternatif cemilan, upayakan sayur dan/atau buah juga selalu ada sebagai teman menu utama,” tambahnya.

Ketiga, batasi makanan berdensitas energi tinggi. Tentu lebih banyak berasal dari makanan berlemak dan makanan atau minuman manis. Jenis pangan tersebut memiliki energi lebih tinggi dibandingkan pangan lain dengan berat yang sama.

Contohnya, sayur 100 gram hanya mengandung 25 kalori sedangkan donat 100 gram dapat mencapai 400 kalori atau french fries 100 gram mencapai 300 kalori. “Makanan siap saji atau fast food juga banyak yang berdensitas energi tinggi,” imbuhnya.

Keempat, pilih cemilan yang lebih weight-friendly. Kelima, hindari alkohol terutama pada saat perut kosong dan terakhir jangan lupa beraktivitas fisik. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button