Gaya Hidup

Enam Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

INDOPOSCO.ID – Memasuki musim hujan, banyak pengendara yang masih kurang memperhatikan kondisi kendaraan secara detail sebelum digunakan.

Padahal, pemeriksaan komponen dalam mobil dan penyesuaian cara berkendara dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan.

Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan curah hujan yang semakin tinggi membuat pengendara harus memberikan perhatian ekstra pada kendaraan.

Selain melakukan pemeriksaan rutin mandiri di rumah, pengendara juga wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi yang tersedia di seluruh Indonesia agar masalah pada kendaraan dapat ditangani oleh orang yang tepat.

“Memperhatikan fungsi komponen kendaraan serta menyesuaikan teknik mengemudi dapat dilakukan untuk menghindari kejadian tak terduga. Gangguan pada fungsi komponen kendaraan juga dapat dicegah dengan melakukan perawatan rutin di jaringan bengkel resmi Suzuki,” ujar Hariadi dalam rilis pers dikutip Antara, Rabu (29/12/2021).

PT SIS membagikan sejumlah tips yang dapat dilakukan sebelum melakukan perjalanan saat musim hujan. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan kondisi wiper dan kaca mobil

Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur.

Kaca dapat dibersihkan menggunakan pembersih kaca sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi.

2. Perhatikan sistem kontrol kendaraan

Memperhatikan sistem kontrol

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button