Gaya Hidup

Ini Tips Penting yang Harus Dilakukan setelah Operasi Katarak

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Mata Siloam Hospitals Buton, dr. Yosylina Pramudya Wardhani Sp.M mengatakan, pascaoperasi katarak, organ mata umumnya akan terasa kurang nyaman atau tampak kemerahan selama beberapa hari.

Hal ini normal terjadi selama masa penyembuhan. Biasanya, gejala-gejala tersebut akan hilang dan penglihatan pasien kembali jernih dalam waktu 6-8 minggu. Oleh karena itu, jangan membasuh atau menyentuh mata maupun berenang. Hindari debu atau asap serta mengejan, batuk dan bersin yang terlalu kuat.

“Segera hubungi dokter bila ada dirasakan kejadian lain seperti infeksi, mual dan muntah, nyeri hebat, serta sensitif cahaya yang berlebihan,” ujar dr Yosylina, melalui aplikasi live Instagram pada edukasi bincang sehat bertajuk “Operasi Katarak dengan Laser”, Minggu (19/12/2021).

dr Yosylina menjelaskan, agar proses pemulihan setelah operasi katarak berlangsung dengan baik, ada beberapa langkah perawatan yang dapat dilakukan, yakni mengkonsumsi obat secara teratur diiringi beristirahat keseluruhan minimal tiga hari dan mengadakan kontrol rutin kepada dokter.

Baca Juga: Cegah Dini Masalah Penglihatan, Ini Tips Jaga Kesehatan Mata

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button