Gaya Hidup

Gaya Content Creator Anak Muda Tingkatkan Rasa Peduli Sampah

Padahal menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) komposisi sampah terbesar yang dihasilkan di Indonesia adalah sampah organik (60%) dengan mayoritas berasal dari sampah rumah tangga (37,39%). Melihat data tersebut, menjadi sangat penting bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk memulai inisiatif penanganan sampah pangan yang dapat dimulai dari lingkungan terdekat yaitu dari rumah.

“Menurut riset mengenai sampah makanan yang dilakukan oleh Bappenas, UNDP dan Waste4Change dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2019, Indonesia berpotensi mengalami kerugian sekitar 213 sampai dengan 500 triliun per tahun akibat permasalahan sampah makanan. Dengan adanya kolaborasi antara Ecoxyztem dan Kedutaan Besar Belanda yang sekaligus menerapkan SDGs nomor 17 mengenai kemitraan diharapkan dampak yang dihasilkan akan lebih masif sehingga dapat menyusul ketertinggalan solusi permasalahan lingkungan dibanding kecepatan permasalah lingkungan itu sendiri,” kata Founder dari Greeneration Group, Bijaksana Junerosano dalam sambutannya.

Lomba Photo Story dan Creative Video telah berhasil menciptakan bibit-bibit konten kreator di isu lingkungan yang masih duduk di bangku sekolah dan universitas. Mekanisme penentuan pemenang juara favorit dihasilkan melalui voting media sosial instagram dan youtube @ecoxyztem sedangkan untuk juara utama ditentukan melalui penilaian yang dilakukan oleh perwakilan Kedutaan Besar dan beberapa jurnalis senior yang berasal dari media ternama di Indonesia. Berikut daftar pemenang Photo Story and Creative

Video Competition:
Juara Favorit
● Asy-Syifa Syaharani dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh untuk kategori
foto
● Amanda Puti Jasmine dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk kategori video
Juara Utama Kategori Photo Story
● Juara 1 : Miftahudin Mulfi dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
● Juara 2 : Jemima Mantiri dari Erasmus University Rotterdam
● Juara 3 : Fransiska Kharin Omega dari Universitas Katolik Musi Charitas
Palembang
Juara Utama Kategori Creative Video
● Juara 1 : Amanda Puti Jasmine dari Institut Pertanian Bogor
● Juara 2: Indira Aqsha Maria dari President University
● Juara 3 : Helmi Musyaffa’ Akmal dari Universitas Jenderal Soedirman.

Seluruh pemenang mendapatkan beasiswa dengan total nilai sebesar 15 juta rupiah dan terkhusus bagi juara pertama dari tiap kategori akan mendapatkan program pendampingan X-SEED dari Ecoxyztem.

“Kami sangat bangga dan senang dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh anak muda dari seluruh Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan melalui pembuatan konten media sosial. Selanjutnya kami akan memulai program kerjasama X-SEED yaitu pengembangan kapasitas bagi para mahasiswa untuk dapat mengembangkan dan merealisasikan ide mereka melalui mekanisme bisnis start-up, dengan tujuan utama menciptakan lebih banyak solusi untuk mengatasi permasalahan sampah makanan,” CCO dari Ecoxyztem Andreas Pandu Wirawan. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button