Gaya Hidup

Ini Tips Olahraga yang Benar Sesuai Umur

“Sejumlah unsur ini pun harus disesuaikan dengan usia yang berkorelasi pada pola makan,” katanya.

Ia menyarankan berolahraga dimulai pada rentang usia 5 hingga usia 17 tahun untuk meningkatkan kemampuan kardiorespirasi, metabolisme tubuh, kemampuan otot serta dapat menjaga dan meningkatkan kualitas tulang, misalnya berolahraga fitness atau aerobik.

Adapun untuk rentan usia 18 hingga 64 tahun atau dewasa hendaknya mengakumulasikan kegiatan berolahraga minimal 150 menit aerobic yang moderat sampai 300 menit setiap minggu dengan penguatan otot yang dapat dilakukan dengan melibatkan otot otot besar dalam 2 hari per minggu.

Berita Terkait

“Sedangkan pada usia 65 tahun ke atas, minimal 75 menit per minggu melakukan aerobic ringan dalam durasi 10 menit. Pada kondisi tertentu manula tetap disarankan melakukan aktifitas gerak sesuai rekomendasi dokter,” ujarnya.

Selain berolahraga dengan cara yang tepat menyesuaikan usia, dr. Teddy merekomendasikan masyarakat mengkonsumsi makan bernutrisi. Misalnya bagi yang rutin berolahraga membutuhkan lebih banyak kalori dan makronutrien, untuk menjaga kekuatan dan energi supaya selalu pada tingkat optimal.

“Sebaiknya menjaga pola makan dan asupan nutrisi penting diperhatikan menjelang berolahraga pun setelah berolahraga. Paling tidak dapat memperkirakan kalori pada setiap asupan makanan yang dikonsumsi dan tentu menjaga kecukupan nutrisi,” katanya.

Meski demimikian, ia mengingatkan risiko cidera saat berolahraga seperti halnya pada tungkai bawah saat berlari atau bersepeda atau potensi serangan jantung jika terlalu memaksakan diri yang tidak sesuai kapasitas tubuh. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button