Gaya Hidup

Ubah Posisi Tidur jika Asam Lambung Naik

INDOPOSCO.ID – Mereka yang asam lambungnya tiba-tiba naik saat malam hari menjelang tidur disarankan menerapkan posisi tidur naik 30 derajat, kata dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Niken Ageng Rizki, Sp. THT-KL

“Pada kondisi asam lambung naik, posisi tidur juga harus naik 30 derajat, tidak boleh terlentang rata. Pakai dua bantal kira-kira,” ujar dia dalam webinar Vipmed 7 bertajuk” Mengorok, Apakah Normal? Bagaimana Cara Mengatasinya?”, ditulis Kamis.

Ganjalan bantal bukan hanya pada leher atau kepala tetapi juga dari punggung, agar asam lambung tidak naik dan akhirnya mengiritasi lalu jatuh ke paru-paru.

Pada mereka yang mengalami asam lambung naik, umumnya mengeluhkan mulutnya kering saat bangun tidur, atau merasa perih serta ada rasa pahit di lidah.

“Pasien biasanya mengeluh saat bangun tidur mulutnya kering, kayak rasanya perih, ada pahit- pahit di lidah. Itu juga bisa gangguan karena asam lambungnya naik,” kata Niken.

Pertolongan pertama masalah ini dengan berdiet asam lambung misalnya mengurangi konsumsi kopi, teh, bawang putih, jahe, cokelat, alpukat, makanan terlalu berbumbu seperti gulai atau kari karena makanan- makanan ini bisa mengiritasi dari asam lambung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button