Gaya Hidup

iPhone 6s Masih Layak Dibeli di 2021? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

INDOPOSCO.ID – iPhone menjadi salah satu merek ponsel pintar yang digandrungi banyak orang. Perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di California ini setiap tahunnya mengeluarkan ponsel iPhone versi terbaru dengan pembaruan secara fitur maupun fisik. Di tahun 2021 ini, iPhone baru saja meluncurkan iPhone 13 Pro. Meski begitu, koleksi iPhone versi sebelumnya masih menjadi alternatif masyarakat yang ingin memiliki ponsel iPhone. Namun, bagaimana dengan iPhone 6s?

iPhone 6s pertama kali diluncurkan pada tahun 2015. Kini, 6 tahun berlalu, apakah iPhone 6s masih layak dibeli dan digunakan di tahun 2021 atau tahun-tahun berikutnya? Sebelum memutuskan apakah iPhone 6s layak atau tidak layak digunakan di tahun 2021, mari kenali lebih lanjut mengenai kekurangan dan kelebihan iPhone 6s agar tak salah pilih.

Kelebihan iPhone 6s

Berikut ini sejumlah kelebihan iPhone 6s yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli iPhone 6s di tahun 2021.

  • Desain Modern
    Menurut sebagian orang, desain iPhone 6s masih tergolong modern untuk dimiliki di tahun 2021. Terlebih iPhone 6s memiliki ciri khas desain berbalut aluminium dengan aksen garis atena. Selain itu, beratnya yang ringan dan tipis jadi keunggulan tersendiri. Jika Anda menyukai tipe hape slim yang dapat muat di kantong celana tanpa merasa terganggu pergerakan Anda, maka iPhone 6s bisa jadi pertimbangan.

Baca Juga : Cara Antisipasi Panas HP Ketika Main Mobile Game

  • Hardware Masih Mumpuni
    Meskipun termasuk dalam tipe iPhone lawas, tapi iPhone 6s dibekali dengan kemampuan hardware yang mumpuni sehingga masih bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari hingga bermain games. Misalnya, untuk game PUBG yang tergolong berat, iPhone 6s masih bisa dijalankan dengan lancar. Selain itu, FPS-nya pun tak bermasalah jika digunakan bermain game dalam waktu lama. Terlebih jika Anda menggunakannya hanya untuk komunikasi dan bermain sosmed, tentu bukanlah hal yang perlu dirisaukan.
  • Software 2019
    Diketahui, iPhone 6s hanya mampu mendapat dukungan software iOS 13 yang diluncurkan pada tahun 2019. Sehingga, apabila Anda membelinya di tahun 2021, maka software tersebut masih bisa di update hingga 3 tahun mendatang.
  • Kamera yang Jernih
    iPhone 6s dilengkapi dengan kamera single beresolusi 12 mP F2.2 29mm dengan dukungan OIS sehingga memungkinkan Anda untuk merekam video secara halus dan support HD+. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki kamera depan 5MP yang lumayan untuk merekam vlog. Sedangkan untuk multimedia, iPhone 6s juga sudah memiliki audio dan kerapatan pixel layar yang baik juga tak kalah dengan kompetitor hp terbaru lainnya.
  • Harga Terjangkau
    Saat ini, produk iPhone 6s sudah tidak dijual di iBox, namun Anda bisa mendapatkannya di beberapa ecommerce Indonesia, salah satunya Blibli.com yangd ijual mulai Rp 2 jutaan saja. Sehingga cocok untuk Anda yang mencari ponsel murah namun performa baik.

Kekurangan

Meskipun iPhone 6s memiliki sejumlah kelebihan yang dapat dijadikan referensi, ponsel pintar ini juga tak luput dari kekurangan yang patut diperhatikan. Berikut ini beberapa kekurangan iPhone 6s.

  1. Kapasitas Baterainya Kecil
    iPhone 6s hanya memiliki kapasitas baterai 1800 mAh sehingga sangat kecil dan mudah habis. Hal ini tentu menjadi salah satu kendala untuk sebagian pengguna iPhone karena harus selalu men-charge ponsel setiap kali baterainya habis. Bahkan, sejumlah pengguna mengaku bisa mengisi ulang daya baterai iPhone 6s sebanyak 3-4 kali dalam penggunaan wajar. Namun, jika digunakan untuk bermain game, baterai iPhone 6s hanya bertahan 1 jam saja sehingga, penting untuk membawa power bank kemanapun Anda pergi.
  2. Tidak Memiliki Memori Eksternal
    Kekurangan lainnya ialah iPhone 6s tidak menyediakan memori eksternal layaknya ponsel Android. Sehingga jika Anda ingin menyimpan banyak foto, video, atau dokumen, maka pilih varian memori internal yang lebih besar. Kecuali jika Anda berencana menggunakan iCloud atau Google Drive untuk mem-backup file secara online.
  3. Tidak Mendapatkan iOS Terbaru
    Apple resmi menghentikan dukungan iOS atau software untuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE original. Tandanya, ketiga ponsel tersebut tidak akan kebagian iOS untuk 15 tahun ke depan. Selain itu, iOS yang digunakan hanya bisa di iOS 14.

Spesifikasi iPhone 6s

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya mencari tahu lebih lanjut tentang spesifikasi iPhone 6s. iPhone 6s terdiri dari empat warna yakni rose gold, gold, silver, dan abu-abu. Kapasitasnya pun terdiri dari empat varian yakni 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button