Gaya Hidup

Bentuk Kepribadian Anak, Ayah Memiliki Kedudukan Penting

INDOPOSCO.ID – Psikolog keluarga Ketty Murtini SPsi, Psi mengingatkan bahwa seorang ayah secara psikologis memiliki kedudukan yang penting dalam membentuk kepribadian dan karakter buah hatinya.

“Secara psikologis, ayah juga ikut serta membentuk kepribadian seorang anak. Dulu dalam pola pengasuhan lebih banyak ibu yang disebut tetapi pada dasarnya ayah dan ibu memiliki kontribusi yang seimbang dalam tumbuh kembang anak,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (12/11/2021).

Psikolog dari salah satu biro psikologi di Purwokerto itu, mengatakan bahwa dalam pola pengasuhan, ayah dan ibu harus sepakat untuk terlibat langsung dalam pengasuhan anak mereka.

“Jika tidak sepakat maka anak akan mudah mengalami kebingungan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa ayah biasanya lebih memiliki peran yang terkait dengan dunia luar, sedangkan ibu lebih pada peran domestik.

“Dari ayah seorang anak bisa belajar tentang maskulinitas, belajar tentang dunia di luar rumah dan tentang peran di masyarakat. Ayah adalah figur kepala keluarga yang menjadi panutan serta contoh bagi anak, juga dalam peran mencari nafkah dan melindungi keluarga,” katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa pendidikan bagi anak yang utama dan pertama dari ayah dan ibunya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button