Gaya Hidup

Dokter Ingatkan Bahaya Gangguan Jantung Akibat Covid-19

Baca Juga : Empat Rahasia di Balik Racikan Teh Nikmat

Melihat bahaya penyakit jantung tersebut, Hardja pun menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung setelah terkena Covid-19.

“Prinsipnya, setelah kena Covid-19 atau long Covid-19 itu harus konsultasi dengan dokter spesialis jantung karena nanti, dokter akan memeriksa kondisi kardiovaskular dengan lebih teliti,” ujar Hardja.

“Tentunya kita juga punya alat rekam jantung dan USG jantung atau ekokardiografi sehingga akan lebih jelas,” pungkasnya.

Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia pada 29 September lalu, PERKI merekomendasikan untuk mengaktifkan budaya sehat jantung sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan penyakit kardiovaskular di masa pandemi Covid-19.

Beberapa hal yang menjadi rekomendasi PERKI yaitu tetap beraktivitas fisik secara teratur dengan kemampuan kerja jantung dan tubuh, menghindari merokok dan asap rokok, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Pada orang dengan penyakit jantung atau memiliki risiko penyakit jantung, PERKI menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu sebelum berolahraga agar olahraga yang dilakukan tidak membebani kerja jantung. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button