Gaya Hidup

Pendaki Muda Bagi Tips Jelajahi Seven Summit

INDOPOSCO.ID – Pendaki muda Indonesia berbagi cerita dan pengalamannya saat menaklukkan tujuh puncak gunung tertinggi di dunia atau yang dikenal dengan sebutan Seven Summits.

Seven Summits adalah meliputi Puncak Carstensz di Pegunungan Jaya Wijaya Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl, Vinson Massif di Antartika (4.897 mdpl), Elbrus di Rusia (5.642 mdpl), Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl), Aconcagua di Argentina (6.962 mdpl), Denali di Alaska (6.194 mdpl) dan Everest di perbatasan Nepal dan Tibet (8.848 mdpl).

Dalam webinar ‘Gue Muda’ dengan tema Pengalaman dan Persiapan Pendakian Gunung Es, Rabu, Fransiska Dimitri, perempuan pertama Indonesia yang berhasil mencapai Seven Summits, menuturkan bahwa untuk mencapai ketujuh puncak gunung tersebut bukan sesuatu yang mudah dan murah. Selain fisik dan mental, juga harus siap secara finansial.

Dalam mempersiapkan fisik dan mental, Fransiska rutin melakukan latihan single rope technique (SRT), latihan beban, berlari, latihan memanjat tebing serta berlatih mendaki. Selain itu, pengetahuan tentang musim pendakian juga penting untuk kita mengatur manajemen pendakian.

Dia juga menyampaikan pentingnya pengumpulan informasi tentang medan yang akan ditempuh.

“Pengumpulan informasi meliputi rute, referensi, medan, risiko ancaman dan kecelakaan, risiko penyakit, hingga pembagian tugas dalam tim pendaki,” tutur Fransiska dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (4/11), seperti dikutip Antara.

Untuk biaya, Fransiska harus mengeluarkan biaya sekitar Rp5 miliar untuk menyelesaikan ekspedisi Seven Summits.

“Kami awalnya berempat, lalu berkurang menjadi tiga orang, sampai berkurang lagi menjadi dua orang yang menyelesaikan ekspedisi, total menghabiskan biaya sekitar Rp5 miliar,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button