Gaya Hidup

Facebook akan Matikan Sistem ‘Facial Recognition’

INDOPOSCO.ID – Perusahaan teknologi Facebook mengumumkan bahwa pihaknya akan mematikan sistem” facial recognition” atau pengenalan wajah yang secara otomatis mengidentifikasi pengguna lewat foto serta video.

Keputusan itu diambil mengikuti tingkat kekhawatiran pengguna yang terus meningkat mengenai penggunaan teknologi itu.

“Di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung ini, kami percaya bahwa membatasi penggunaan facial recognition pada beberapa kasus spesial adalah tindakan tepat,” ujar Vice President of Artificial Intelligence (AI) di Facebook Jerome Pesenti seperti dilansir dari Reuters, Rabu (3/11/2021).

Berita Terkait

Faktor lainnya yang menyebabkan penghentian fitur itu adalah belum matangnya regulasi yang mengatur masalah privasi pada sistem pengenalan wajah.

Dalam beberapa tahun terakhir, regulator hingga masyarakat berkompromi dan mendebat penggunaan sistem pengenalan wajah atas banyaknya pelanggaran privasi akibat sistem itu.

Sistem yang bisa mengenali wajah itu menjadi primadona bagi para pebisnis untuk keamanan, namun ternyata sistem itu dinilai berpotensi membahayakan privasi hingga menormalkan pengawasan yang menganggu.

Sebelum Facebook, beberapa perusahaan besar telah mengambil langkah serupa seperti IBM menghentikan penjualan produk “Facial Recognition”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button