Gaya Hidup

Agar Terhindar dari Hoaks, Tolong Berhati-hati dan Teliti

INDOPOSCO.ID – Di era digital saat ini pemanfaatan ruang digital seperti media sosial oleh masyarakat, cenderung mengalami peningkatan terlebih di masa pandemi Covid-19, sehingga masyarakat diminta berhati- hati terhadap informasi bersifat hoaks.

Dalam pemanfaatan ruang digital, masyarakat juga perlu mewaspadai sejumlah hal, salah satunya adalah informasi palsu atau hoaks, kata narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Ferianto, Minggu (24/10/2021).

“Oleh karenanya masyarakat harus berhati- hati dan teliti terhadap setiap informasi yang didapat di ruang digital termasuk media sosial,” katanya.

Adapun sejumlah langkah yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar dari hoaks, diantaranya memeriksa fakta atau kebenaran sebuah informasi yakni dengan mencari dari berbagai sumber berbeda yang terpercaya.

Jika itu berupa foto, maka di era teknologi saat ini masyarakat juga harus berhati- hati karena oknum pembuat konten hoaks, bisa saja memanipulasi atau mengedit foto bahkan video untuk memprovokasi pembaca.

“Selain itu masyarakat juga dapat mengikuti komunitas atau grup anti hoaks,” paparnya, seperti dikutip Antara (24/10/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button