Gaya Hidup

Kenali Fenomena ‘Burn Out’, Ini Cara Penanganannya

Monika mengatakan, fenomena ‘burn out’ dapat ditangani dan bisa disembuhkan. Hanya saja, sebelum melakukan tindakan secara medis, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka komunikasi. Sampaikan gejala ini kepada pimpinan atau rekan sekerja. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi beban kerja. Termasuk menciptakan suasana rumah tangga yang nyaman dan tenteram.

Berlibur, meditasi, memenuhi jam tidur yang cukup dan rutin berolahraga merupakan cara yang baik dalam mengurangi sekaligus menghilangkan ‘burn out’ yang hinggap pada diri manusia. Mencegah ‘burn out’ adalah berhenti dari rutinitas pekerjaan atau memvariasikan rutinitas.

Adapun apabila kondisi ‘burn out’ dirasa berkepanjangan, jangan ragu menemui atau berkonsultasi dengan dokter kejiwaan karena tidak berarti dinyatakan kurang waras karena dokter akan melakukan observasi, edukasi termasuk modifikasi.

Berita Terkait

“Pada kondisi tertentu akan dibantu dengan obat-obatan berlesensi, komunikasi ke orang dan atau ahli yang tepat menjadi kunci dalam penyembuhan pasien penderita ‘burn out’,” pungkasnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button