Gaya Hidup

Bonding Time Bersama Anak Tak Perlu Persiapan Khusus

INDOPOSCO.ID – Tidak perlu persiapan khusus saat orang tua ingin membangun kedekatan secara emosional dengan memanfaatkan waktu untuk fokus pada anak-anak mereka atau bonding time.

“Bonding time tidak harus perlu persiapan khusus, perlu mainan khusus. Bisa kapan saja tergantung tersedianya waktu orang tua, jadi tetap harus diusahakan waktu setiap hari paling tidak 10-15 menit,” ujar Psikolog anak dan remaja dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, dalam diskusi secara daring, Minggu (10/10).

Kegiatan yang bisa dilakukan selama bonding time pun beragam, mulai dari yang biasa dilakukan sehari-hari seperti makan bersama. Saat di meja makan, anggota keluarga melepaskan sejenak aktivitas memainkan gawai mereka, dan mencoba mengobrol sekedar bertanya kegiatan hingga saling bercanda.

Aktivitas mendongeng sebelum tidur, menonton, berolahraga dan berjemur bersama juga bisa menjadi pilihan bonding time termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Bisa juga aktivitas mendongeng sebelum tidur, itu salah satu kegiatan yang bonding-nya dapat banget, ada interaksi, kedekatan fisik,” tutur Vera, dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button