Gaya Hidup

Pakar Ingatkan Bahaya Osteoporosis yang Sering Tidak Disadari

Pola hidup sehat harus dimulai sedini mungkin untuk mencegah timbulnya osteoporosis. Oleh karenanya sangat penting untuk mengkonsumsi nutrisi yang seimbang dan tepat dan juga melakukan gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan tidak merokok, karena asap rokok yang merupakan radikal bebas dapat memperburuk kondisi osteoporosis.

“Konsumsilah nutrisi yang tepat dan seimbang, misalnya makan makanan yang cukup mengandung protein, vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, vitamin D, serta makanan yang kaya antioksidan seperti buah zaitun. Makanan bergizi seimbang ini harus ada dalam menu harian kita setiap harinya mulai dari usia muda sampai usia lanjut,” jelas dr. Ida dilansir Antara, Kamis (7/10/2021).

Sementara itu, dr. Antonius Andi Kurniawan, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga menjelaskan selain nutrisi setiap hari yang perlu dicermati untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis adalah dengan berolahraga secara teratur.

Setidaknya lakukanlah aktivitas fisik sebanyak 30 menit setiap hari dengan tetap memperhatikan beban yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

“Saat berolahraga, kita tidak hanya membangun otot dan daya tahan, tetapi juga membangun serta mempertahankan jumlah dan ketebalan tulang Anda, atau kepadatan massa tulang. Wajib melakukan aktivitas fisik sebanyak 30 menit setiap hari,” kata dr. Andi. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button