Gaya Hidup

Ini Manfaat ‘Premarital Check-Up’ bagi Pasangan yang Ingin Menikah

Lalu, apa saja jenis tes yang dilakukan pada premarital check up? Berikut adalah macam-macam tes yang akan Anda lakukan saat menjalani pemeriksaan ini:

1. Tes golongan darah
Berguna untuk menyajikan sejumlah informasi dalam mempersiapkan garis keturunan. Jika golongan darah dari pasangan yang akan menikah, tidak cocok, hal tersebut dapat memengaruhi perkembangan bayi di dalam rahim, atau meningkatkan potensi adanya masalah kesehatan pada anak di masa depan.

2. Tes kelainan darah
Kelainan darah merupakan kondisi kesehatan yang berkepanjangan dan dapat memengaruhi kesehatan kehamilan Anda. Bayi yang lahir dari ibu dengan kelainan darah memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita penyakit yang sama.

3. Tes penyakit menular seksual
Hal ini penting guna mengantisipasi potensi penularan.

4. Tes penyakit genetik
Dalam premarital check up, tes ini dapat dilakukan untuk memeriksa diabetes, kanker, hipertensi, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Pada Penatalaksanaan Premarital Check-Up, yang akan dilakukan adalah: Pemeriksaan fisik dasar dan umum (tinggi berat badan, golongan darah dan rhesus, hematologi), Pemriksaan penyakit keturunan atau kelainan genetik (diabetes, kelainan darah dan lainnya). Pemeriksaan penyakit infeksi menular dan pemeriksaan organ reproduksi.

“Secara detail, penataan Premarital Check-Up merupakan serangkaian tes kesehatan yang dilakukan calon suami IstriĀ  yang meliputi konsultasi, rontgen dan laboratorium,” pungkas dr. Tony. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button