Gaya Hidup

Ini Bahaya Self Diagnosis

INDOPOSCO.ID – Meski secara umum depresi memiliki gejala yang sama untuk semua orang di berbagai kalangan usia, seseorang tidak bisa melakukan self-diagnosis ataupun mendiagnosa diri sendiri, tutur psikolog dari Universitas Indonesia Kasandra A. Putranto.

Menurut Kasandra, mendiagnosa diri sendiri mengidap penyakit maupun gangguan tertentu, misalnya depresi, merupakan sesuatu yang berbahaya.

“Mengakibatkan kekhawatiran yang tidak perlu dan apabila kekhawatiran memburuk maka dapat mengembangkan gangguan kecemasan,” tutur Kasandra pada Antara, Jumat (10/9/2021).

Berita Terkait

Kasandra menambahkan, mendiagnosa diri sendiri juga dapat membuat seseorang tidak bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Bahkan, masalah lain yang bisa saja lebih serius menjadi tidak terdiagnosis karena terlalu fokus pada penyakit ataupun gangguan yang belum tentu diderita.

“Dengan mendiagnosa diri dengan penyakit ataupun gangguan yang tidak tepat, dia akan mencari treatment yang tidak tepat pula. Hal itu juga bisa mengakibatkan masalah lain tidak terdiagnosis, misalnya dia tidak sadar kalau memiliki komorbid,” ucap Kasandra.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button