Gaya Hidup

Ungkapan Menarik Dari Nurani

Adakah rencana ke depan memproduksi film dokumenter baru?

Tentunya ada. Ada yang sedang dalam masa pasca produksi, ada yang sedang produksi, dan ada yang sedang dalam tahap riset. Tapi belum bisa diutarakan saat ini.

Apa pendapat Mandy tentang tayangan dokumenter yang membahas kebudayaan?

Setiap film, bagi saya, membahas kebudayaan. Karena dalam setiap film terkandung cerita, karakter, dan setting tempatnya. Tapi kalau yang dimaksud adalah dokumenter tentang satu kebudayaan, ini sangat tergantung bagaimana pembuatannya. Jika dibuat secara konvensional, tentunya akan membosankan. Tapi jika diolah secara kreatif, maka bisa menjadi tontonan yang menyenangkan.

Seberapa penting peran film dokumenter tentang kebudayaan terhadap kebudayaan sebuah masyarakat atau adat?

Peran utama sebuah film dokumenter adalah untuk menjadi dokumentasi. Itulah sebabnya ada kutipan yang menyebutkan bahwa sebuah negara tanpa film dokumenter adalah bagaikan sebuah keluarga tanpa album potret keluarga. Di sini, peran dokumenter menjadi penting.

Dokumenter kebudayaan dengan demikian memiliki “misi” untuk mendokumentasikan kebudayaan-kebudayaan yang ada dan mencatat (sekaligus menjadi bukti visual) bahwa kebudayaan itu ada.

Apa pesan untuk anak-anak muda yang tertarik dengan dunia film dokumenter?

Banyak-banyaklah menonton film dokumenter yang berbeda-beda. Jangan terpaku pada satu sumber film dokumenter saja. Kembangkan apresiasi dan pengetahuan tentang berbagai tipe dokumenter.

Patut diakui, pada akhirnya di tangan dingin para produser dan sutradara yang tak pernah berhenti menggali kreativitasnya, sebuah film dokumenter saat ini memang sudah menjadi tontonan yang tidak lagi membosankan. Tak hanya kita dibuat takjub. Tapi juga wawasan menjadi makin terbuka. Terlebih tentang budaya Indonesia, yang ketika kita menonton runutan ceritanya yang berlatarbelakang sejarah, keberagaman dan perkembangan budaya Indonesia, inspirasi pun jadi muncul. Hingga akhirnya… Kita tergiring mau berbuat sesuatu untuk negeri ini. Inspiratif, kan? (adv)

(disusun oleh Tim Editorial Kanal Budaya Indonesiana.tv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button