Gaya Hidup

Tak Masalah, Anak Penyandang Diabetes Boleh Vaksinasi Covid-19

“Gejala yang harus diwaspadai orang tua, adalah ketika anak mengalami gejala berupa sering haus dan kerap buang air kecil, serta banyak makan tapi berat badannya justru turun,” ujar Prof Aman dikutip Antara.

Menurut data dari IDAI, angka kejadian diabetes pada anak usia 0-18 tahun di Indonesia meningkat hingga lebih dari 1. 000 kasus dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

Sementara itu, IDAI melalui surat rekomendasi terkait pemberian vaksinasi untuk anak memberikan sejumlah kontraindikasi yang mencakup: Defisiensi imun primer, penyakit autoimun tidak terkontrol; penyakit Sindrom Gullian Barre, mielitis transversa, acute demyelinating encephalomyelitis; anak kanker yang sedang menjalani kemoterapi/ radioterapi.

Kemudian kontraindikasi lainnya adalah anak yang sedang mendapat pengobatan imunosupresan/ sitostatika berat, demam 37, 5 derajat Celcius atau lebih,

sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan, pascaimunisasi lain kurang dari 1 bulan, hamil, hipertensi tidak terkendali, diabetes melitus tidak terkendali, serta penyakit-penyakit kronik atau kelainan kongenital tidak terkendali. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button