Gaya Hidup

Kanker Penyumbang Kematian Tertinggi, Peraboi Keluarkan Aplikasi Ini

INDOPOSCO.ID – Salah satu terapi kanker dengan terapi sistemik menggunakan obat atau kemoterapi. Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi) dr Walta Gautama SpB(K) Onk dalam keterangan, Sabtu (26/6/2021).

Ia mengatakan, kanker adalah tumor ganas yang menyerang salah satu organ dan dalam perkembangannya dapat menyebar ke banyak organ tubuh lain. Untuk memudahkan para dokter mengambil keputusan klinis dalam bidang terapi sistemik kanker, pihaknya meluncurkan aplikasi Indonesian Sistemic Therapy (ISTRY).

“Aplikasi ini digunakan untuk tatalaksana terapi sistemik pada kanker dalam bidang perawatan kesehatan,” jelasnya.

Ia menyebut, perkembangan terapi sistemik dalam penanganan kanker mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai obat baru baik kemoterapi maupun terapi target terus bermunculan.

“Perkembangan informasi yang masif ini tidak semuanya dapat terekam dalam memori para dokter. Inilah yang melatarbelakangi lahirnya ISTRY,” katanya.

“Ini (ISTRY, red) adalah aplikasi gawai pintar pertama di Indonesia yang dapat menyediakan informasi bagi dokter untuk mengambil keputusan klinis dalam bidang terapi sistemik kanker,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button