Gaya Hidup

IDI Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini pada Kanker

“Masyarakat kalau sudah mengenali dengan baik, dia terbantu kemana harus mencari pertolongan,” kata Daeng.

Khusus dalam penanganan kanker, selain pengobatan, Daeng juga menyoroti pentingnya pendampingan dari para tenaga medis untuk para pasien misalnya dalam bentuk konsultasi. Menurut dia, masalah psikologis kerap dialami pasien kanker dan konsultasi dengan pakar kesehatan dikatakan bisa membuat pasien dikuatkan. Lagi-lagi, layanan telemedicine dapat mengambil peranan dalam hal ini.

Daeng mengapresiasi hadirnya platform kesehatan digital yang kini menjangkau berbagai masalah kesehatan termasuk edukasi dan deteksi dini kanker, bekerja sama dengan layanan medis. Dia berharap platform semacam ini bisa diakses seluruh masyarakat sekaligus menambah kedekatan dokter dan pasien sebagai salah satu kunci keberhasilan penanganan kesehatan.

“Telemedicine penting untuk deteksi awal kanker, mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan kanker mandiri. Kalau perlu perawatan tatap muka dokter, maka telemedicine bisa membantu ke dokter mana saudara kita harus berkonsultasi, dan mengatur janji pemeriksaan selanjutnya,” kata Daeng. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button