Gaya Hidup

Waduh, 1,3 Juta Akun Pengguna Clubhouse Bocor

Pratama menuturkan, bagi pengguna clubhouse disarankan waspada. Karena data profil Clubhouse pengguna mungkin telah tersebar dan menjadi incaran para pelaku penipuan. Langkah mitigasinya adalah selalu waspada terhadap pesan atau permintaan terhubung dari orang asing, juga jangan mengaktifkkan Otentikasi Dua Faktor (2FA) di semua akun.

“Selain itu, berhati-hatilah dengan email dan pesan teks phishing yang asing. Jangan sekali – sekali mengklik sesuatu yang mencurigakan atau menanggapi siapa pun yang tidak kita kenal di internet termasuk pelaku kejahatan yang sering mengaku sebagai keluarga atau teman,” tegasnya.

Pemerintah harus melakukan edukasi semaksimal mungkin. Karena peristiwa kebocoran data akan selalu ada. Artinya edukasi sejak dini di jenjang sekolah harus ada. Lalu edukasi lewat jalur kultural seperti pengajian dan arisan di lingkungan masyarakat.

Tanpa edukasi, lanjut dia, ini akan menjadi ancaman serius dalam jangka waktu yang panjang. Karena misalnya dengan bocornya data email dan data pribadi lain, bila pelaku berhasil melakukan takeover email, akhirnya platform lain baik medsos dan marketplace bisa jadi juga berhasil diambil pelaku karena password yang sama.

“Karena itulah masyarakat harus dibekali ilmu sejak dini, sehingga masyarakat ini juga merasa dilindungi, karena sudah cukup banyak aturan Undang-undang (UU) yang mengancam masyarakat dengan hukuman pidana bila melakukan pelanggaran terhadap UU,” tuturnya. (son)

 

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button