Gaya Hidup

Perbanyak Waktu Berkualitas Ortu dan Anak

“Misal perilaku apa yang memang perlu dilarang dan yang tidak perlu dilarang. Keras dan marah mungkin juga diperlukan sesekali, tapi tetap harus konsisten dan bertanggung jawab,” katanya.

Dia mengatakan orang tua harus mewujudkan rasa kasih dan sayang terhadap anak dengan tepat sehingga anak bisa merasakannya.

“Saya yakin semua orang tua sayang sama anak. Tapi wujudkan rasa sayang itu dengan tepat agar anak merasakan bahwa dia disayang orang tuanya,” katanya.

Dia mengatakan bahwa keluarga, terutama orang tua, memang menjadi yang utama dalam mengawal pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Tentunya dengan cara yang tadi disebutkan, yakni dengan dukungan dan bimbingan yang bijaksana dan tepat. Kenapa harus tepat? Ya karena jika tidak tepat akan sia-sia, harus mengetahui dulu keinginan dan kebutuhan anak, cita-cita, emosinya, kesukaannya dan lain sebagainya,” katanya.

Untuk mengetahuinya orang tua perlu menjalin komunikasi dua arah yang intensif dengan anak mereka, orang tua juga harus lebih peka dan memiliki kemauan untuk mendampingi anak.

“Komunikasi dua arah dengan saling berbagi cerita dan keluh kesah itu salah satu jalan untuk memahami anak-anak, tentu dengan situasi yang mendukung, santai, nyaman dan aman,” katanya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button