Gaya Hidup

L’Oréal Paris Ajak Masyarakat Lawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik

“Guna mendukung implementasi misi ini di Indonesia, kami dengan berbahagia menyambut Cinta Laura dalam keluarga L’Oréal Women of Worth. Cinta adalah seorang duta untuk isu pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dan ikon bagi perempuan Indonesia. Saya percaya diri bersama dengan Cinta, kami akan dapat membangun tidak hanya semangat pemberdayaan, namun juga sains dan kecantikan yang terbaik bagi konsumen Indonesia,” katanya.

Adapun 3 program yang kini dijalankan adalah:
1. Menyadarkan masyarakat mengenai topik pelecehan seksual di ruang publik melalui kerja sama dengan Komnas Perempuan, didukung oleh UNFPA, komunitas, dan media.
2. Melatih 100.000 masyarakat Indonesia untuk berperan aktif melalui pelatihan metode 5D yang mudah untuk intervensi insiden pelecehan seksual di ruang publik, baik secara mandiri di website, dan juga training bersama Hollaback! Jakarta.
3. Membantu penyediaan pendampingan dan penyediaan ruang aman melalui program Pundi dari Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa).

“Stand Up merupakan program global yang menargetkan untuk melatih 1 juta orang pada tahun 2021. Di Indonesia sendiri, L’Oréal Paris mengajak seluruh lapisan masyarakat, termasuk 100% karyawan L’Oréal Indonesia mulai dari dewan direksi, manager, staf, hingga pegawai kontrak seperti Beauty Advisor dan Trainers untuk peduli. Tahun ini, kami menargetkan untuk melatih 100.000 orang Indonesia melalui modul pelatihan mandiri yang tersedia di situs web kami serta serangkaian pelatihan yang difasilitasi oleh Hollaback! Jakarta dan didukung oleh komunitas, jurnalis, publik figure, aktivis dan influencer,” kata Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia, Maria Adina.

Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Andy Yentriyani menyatakan, pelecehan seksual di ruang publik merupakan isu yang mengkhawatirkan di Indonesia. Apalagi karena sampai saat ini belum ada payung hukumnya, sementara pembahasan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual masih tertunda. Namun untuk penanganannya, seluruh pihak termasuk lembaga pemerintahan, aparat hukum, dan masyarakat umum perlu terlebih dahulu memahami bahwa insiden ini bukanlah hal yang sepele.

“Oleh karena itu, sebagai lembaga negara independen yang bergerak untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia, kami menyambut baik inisiasi kampanye Stand Up Against Street Harrasment dari L’Oréal Paris. Kampanye ini menawarkan solusi bagi masyarakat dalam mencegah dan dengan aman menghentikan tindak pelecehan seksual di ruang publik. Kami tentunya mendukung kampanye ini karena berkesesuaian dengan tujuan dari keberadaan Komnas Perempuan untuk mengembangkan kondisi yang kondusif bagi perempuan Indonesia serta meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan pelecehan perempuan,“ paparnya. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button