Gaya Hidup

Sarapan Kaya Serat itu Penting

Energen ajak masyarakat Indonesia untuk sarapan sereal kaya serat dan bergizi lengkap setiap hari agar tubuh sehat dan siap beraktivitas

“Melalui kampanye ‘Segelas Energen Sereal Kaya Serat Setiap Hari, Badan Sehat, Siap Beraktivitas’, kami berharap dapat membantu dalam mewujudkan misi membangun generasi Indonesia yang sehat, cerdas dan aktif melalui komitmen kami dalam menyediakan produk sereal berkualitas yang kaya serat”, tegas Cynthia Ruslan.

Sumber serat bisa didapatkan dari golongan sereal diantaranya gandum, oatmeal, beras, jagung, sorgum ataupun bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Pentingnya sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat setiap hari juga dibenarkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. Daeng M. Faqih, SH, MH.

Menurutnya, sarapan yang baik adalah sarapan sehat bergizi dan mengandung serat. “Di Indonesia masih banyak masyarakat yang kekurangan serat, padahal serat sangat penting, karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya pada saat sarapan. Sarapan dengan serat dapat membuat tubuh merasa cukup mendapat asupan, sehingga tidak mudah lapar dan cenderung tidak makan berlebihan. Untuk itu, sarapan yang baik merupakan awal penting untuk menjalani hari yang produktif dengan penuh semangat, menjaga berat badan yang sehat, dan dapat berkonsentrasi dengan baik.” ujar dr. Daeng M. Faqih, SH, MH.

Sementara itu, Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, MS, menambahkan bahwa sarapan bergizi, berserat dan sehat penting dilakukan setiap hari. Melewatkan sarapan (skipping breakfast) apa lagi bagi anak sekolah membuat tubuh menjadi lesu, tidak bersemangat dan ceria serta sulit berkonsentrasi sehingga membuat tidak produktif.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia pada tahun 2012, terbukti 9 dari 10 anak usia sekolah 6-12 tahun di Indonesia juga mengalami kekurangan serat saat sarapan. Padahal terpenuhinya kebutuhan serat saat sarapan itu penting, jangan sarapan asal kenyang saja, tetapi harus dengan menu sarapan bergizi dan berserat sebagai ciri sarapan sehat.

“Menu sarapan bergizi dan berserat menghasilkan berbagai manfaat untuk tubuh, salah satu manfaat sarapan berserat adalah baik untuk pencernaan dan juga memberikan efek kenyang lebih lama. Karena itu, mengkonsumsi sarapan bergizi, berserat dan sehat setiap hari adalah modal penting agar tubuh sehat dan siap beraktivitas,” katanya. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button